zsnr95ICNj2jnPcreqY9KBInEVewSAnK0XjnluSi

Tips Menghadapi Kerasnya Ulangan a la Suhu Rahul

Tips Menghadapi Kerasnya Ulangan a la Suhu Rahul

Dari tanggal 9, gue sudah mulai ulangan tengah semester. Terdengar tidak begitu menyeramkan. Apalagi konteksnya masih tengah semester. Gue sudah duduk di kelas 3 SMA. Sudah melewati berpuluh-puluh ulangan, beratus-ratus soal yang ada. Dan diantara itu semua, perbandingan antara lulus dan tidak lumayam imbang. Gue layak dapat rekor MURI untuk siswa dengan nilai ulangan konstan dari tahun ke tahun.

Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas menurut gue sama saja. Di SD, gue sempat liat soal anak SMP, lumayan ngeri. Setelah SMP, tidak terlalu mengerikan dari yang gue bayangkan. Di SMP juga hal yang sama, gue sempat liat soal anak SMA, sangat ngeri. Setelah SMA, ternyata benar adanya. Soalnya lumayan sadis

Gue bukan anak IPA, yang harus kerja tugas Kimia 300 soal atau lebih, dan kalo kurang satu saja dirobek. Gue hanya anak IPS yang dominan dengan logika dan hapalan. Gue ngga mau sotoy dengan jurusan IPA, mengingat gue cuma dapat kabar dari teman-teman.

Eh, eh, mari kita fokus dengan topik.

Diusia sekarang, gue sudah layak menjadi suhu atau master. Gelar itu tidak akan ada artinya jika gue ngga berbagi sesuatu. Jadi inilah, tips menghadapi kerasnya ulangan a la suhu Rahul.

1.  Banyak Minum Air Putih

Ngga banyak yang tahu ini, mungkin juga melakukan. Gue tau, bermacam-macam pertanyaan sudah timbul dibenak kalian. Gue akan memperjelas. Minum air putih adalah sebuah bentuk relaksasi. Disaat ulangan, tubuh dan pikiran terkuras habis untuk berbagai macam hal. Maka dari itu, minum air putih dapat mengganti ion tubuh yang hilang, sekaligus untuk penyegaran pikiran.

Sampai situ saja? Eits, jangan dulu. Minum air putih juga sebagai pelarian. Kalau-kalau kamu tidak tahu jawabannya apa, dan ngga ada kesempatan untuk cari jawaban di kelas. Minum air putih adalah solusinya. Jadi, di kelas jika kamu izin ke wc, lalu guru kamu tidak percaya dan menyuruh kamu untuk kencing di kelas. Kencing lah. Buat pembuktian agar kamu bisa ke wc.

2. Makan Sayur atau Buah

Selain minum air putih, kita juga harus makan. Nah, untuk kita yang lagi ulangan, perbanyaklah makan sayur atau buah. Selain air putih, sayur dan buah juga bisa membantu mengganti ion tubuh yang hilang, sekaligus menyegarkan mata dan badan. Protein yang ada pada sayur dan buah membantu merangsang untuk lebih semangat belajar.

Selain itu, makan sayur dan buah, seperti yang saya bilang, dapat menyegarkan mata. Dengan mata yang segar, kita dapat melihat jawaban-jawaban yang bersinar atau pemberian teman. Lebih baik minta daripada mengharap belas kasih.

3. Kisi - Kisi

Biasanya, ketika ulangan tiba, kita harus menghapal semua materi yang ada. Semua. Kalau materinya ada 10 bab, 10 bab dihapalin. Paling ngga dibaca. Kalo udah gitu, pasti capek, kembali ke tips 1 dan 2. Guru yang bodo amat, biasanya hanya menyarankan menghapal semuanya. Dari A sampai Z. Ada juga beberapa guru yang baik, memberikan poin-poin yang diduga kuat akan menjadi soal ulangan.

Selain untuk belajar, kisi-kisi biasa digunakan sebagai bahan. Kalo ngga bisa buka di kelas, buka di WC, penjelasan sudah tertera di tips pertama.

4. Daya Ingat yang Kuat

Salah satu faktor berhasilnya sebuah ulangan adalah daya ingat yang kuat. Dengan daya ingat yang kuat, sebanyak apapun materi pasti ngga jadi masalah. Beberapa siswa kadang memiliki kekuatan ini. Dibeberapa siswa juga, kadang-kadang egois dalam menggunakan kekuatannya. Untuk itu, perbanyaklah teman, apalagi jika ulangan sudah dekat.

Daya ingat yang kuat juga, bisa digunakan untuk mengingat jika seorang teman membacakan jawaban. Dengan daya ingat yang kuat, sembari teman membacakan, tangan kita menulis, otak kita masih bisa menyimpan apa yang ditangkap.

5. Berdoa

Tidak luput dari semua tips, berdoa adalah hal yang paling sakral. Mau itu membuka ulangan atau mengakhiri ulangan. Berdoa seakan-akan pendahuluan dan daftar pustaka pada buku. Akan tiba waktunya, teman mendadak tuli dan keadaan semakin mencekam, tidak ada bantuan dari siapa-siapa. Berdoalah, hanya ini jalan satu-satunya, agar tidak terlihat ngga ngapa-ngapain.

~*~

Setelah gue baca, 4 dari lima penjabaran gue mengarah kepada satu hal: nyontek. Terakhir, itupun setelah usaha nyontek gagal, adalah pasrah yang tersisa. Bagi teman-teman yang akan dan sedang ulangan membaca postingan ini. Ambil positif dari apa yang gue sampaikan. Gue belum sepenuhnya mampu membagikan tips secara baik. 

Jadikanlah postingan ini sebagai dasar persiapan untuk ulangan-ulangan kalian. Kurangi nyonyek, banyakkan minum air putih. Biar fokus. Belajar tanpa fokus bukanlah kombinasi yang benar. Jadi, selalu lihat hal-hal kecil, yang sebenarnya, adalah kunci dari keberhasilan.

Related Posts

13 comments

  1. bermanfaat sekali.

    tips nya sih ok. tapi kata selain itu juga loh, hahaha *opsi kayaknya nih.

    yang penting mah apapun soalnya harus dikerjakan, kalau tidak dikerjakan iya tidak selesai, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips: Kalo esai, isi aja apapun itu. Kadang2 dapet skor juga.

      Delete
  2. Apaan. Anak kimia nggak sesadis itu woy! *anak kimia protes*

    Paling penting sih paham materinya. Setelah itu tinggal sering-sering ngerjain soal latihan deh, biar terbiasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sekolahku anak IPA kayak gitu!

      Tips: banyak2 baca materi, kalo perlu selipin.

      Delete
  3. Tipsnya malah mirip tips hidup sehat, huehe, kidding gan.
    Yang paling penting point (4) Daya Ingat harus selalu dilatih agar materi pembelajaran mudah dipahami tapi susah dilupakan.

    ReplyDelete
  4. MUAHAHAHAHHAA tips nya rada-rada nih. Emang tuh kalo kisi kisi ulangan pasti bab nya banyak, aku pernah kisi kisinya 5 bab. Uh apalagi pelajaran kalo udah ujian nasional. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kisi2nya udah kayak ngukang materi aja~

      Delete
  5. Sejak SMK daya ingat gue melemah. Udah males aja gitu untuk kembali baca-baca buku pelajaran di rumah. Kalo ulangan ada kisi-kisinya mah sedikit terbantu, yang ga asik tuh kalo udah ga ada kisi-kisi dan ulangan mendadak.

    Tips dari gue, carilah tempat duduk yang strategis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips: untuk dalat tempat duduk strategis, datang lah lebih awal~

      Delete
  6. ya, jangan lupa selain minum air putih dan sayuran juga harus makan yang banyak akrena bakal butuh banyak energi untuk berpikir keras demi masa depan ya Rahul. hahaha

    tapi so true, berdoa. banyak banyak berdoa karena hanya Allah yang bisa menolongmu wahai anak muda.

    ReplyDelete
  7. setuju deh sama kamu...
    .
    di bagian berdoa itu pasti banget bro. tapi tempatkan di awal bro. doa dulu, baru mulai segalanya. :D
    .
    ternyata minum air putih bisa untuk relaksasi yah. gue baru tahu.

    ReplyDelete
  8. Ini tips menghadapi kerasnya ulangan sekaligus tips hidup sehat ya? Pake ada makan buah atau sayur-sayuran segala.

    Tips-tips seperti ini kayaknya nggak cocok buat aku yang kalo ulangan jarang belajar dan cuma mengandalkan kreatifitas dalam hal mengarang aja :')

    ReplyDelete
Terimakasih sudah membaca. Sila berkomentar terkait tulisan ini.